Posted by : Unknown Selasa, 08 April 2014


Ujian merupakan suatu kata yang tidak asing lagi bagi para pelajar, terkadang juga ditakuti. Ujian merupakan tolok ukur kemampuan kita dalam penguasaan suatu materi pelajaran. Berhubung sebentar lagi sekolah-sekolah akan mengadakan ujian, kali ini saya akan membagikan tips sukses belajar menjelang ujian.


Tips Pertama
Persiapkan Ringkasan materi sedini mungkin

Materi-materi yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru dari tiap semester/bab dikumpulkan lalu diringkas. Lakukan jauh hari sebelum ujian, agar kita tidak kelabakan sehari sebelum ujian. Hal itu malah mengganggu konsentrasi saat belajar.


Tips Kedua
Persiapkan diri baik jasmani/rohani
Selain belajar tentunya harus didukung dengan kondisi fisik dan psikis yang baik. Agar dalam proses belajar tidak terganggu.


Tips Ketiga
Jangan sia-siakan waktu
“Time is Money” , istilah tersebut sering terdengar oleh kita. Tetapi juga cermatilah dan pahamilah kalimat tersebut “Waktu dalah uang”, jadi waktu sangat berharga. Jangan sampai kita membuang waktu dengan sia-sia, karena nantinya kita akan menyesal. Gunakan untuk belajar atau beristirahat/rekreasi walau sebentar saja.


Tips Keempat
Memahami Materi Pelajaran
Jangan menghafal materi yang kita pelajari, tetapi pahamilah. Bila kita telah paham otomatis materi tersebut akan terhafal dengan sendirinya.


Tips Kelima
Jangan Malas
Jika kita dihampiri oleh rasa malas, maka motivasilah diri kita sendiri. “Jangan Malas Jangan Malas sampai aku malas ... .” . kita harus punya motivasi dalam belajar. Entah motivasi dari dalam diri kita maupun luar diri kita. Agar kita punya semangat belajar dan tidak menjadi malas.


Tips Keenam
Berdoa
Sempurnakanlah usaha yang telah kita lakukan dengan berdoa, beribadah kepada tuhan. Agar yang kita inginkan terwujud.



Cukup sekian. Semoga ujian kalian sukses mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan JANGAN mencontek!

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Terima kasih sudah membaca postingan ini.. Kalau tidak keberatan tinggalkan komentar untuk kemuajuan blog.. ^_^

- Copyright © Ketahuilah - Sword Art Online - Powered by Blogger - Designed by Ketahuilah -